Jun 12, 2015

5 Spesifikasi Utama Yang Perlu Dilihat Kalau Mau Beli Hape atau Tablet Android

Bagi anda yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk membeli smartphone atau tablet Android, tentunya saat ini lagi sering searching di google, smartphone atau tablet apa yang ingin anda miliki. Niat Anda untuk membeli tablet atau hape tentunya dikarenakan satu atau beberapa alasan. Alasan tersebut misalnya handphone lama Anda rusak, sudah lemot, atau ada kebutuhan untuk membeli tablet atau smartphone yang pas dan berlayar lebar untuk menunjang usaha Anda seperti online shop. 








Sebelum menentukan merk apa yang ingin Anda beli, sebenarnya ada lagi yang harus Anda tentukan sebelumnya selain merk, yaitu spesifikasinya. Apalagi kalau budget atau dana Anda terbatas. Karena pada prinsipnya, ada smartphone yang relatif tidak populer merknya, namun sebenarnya sama kualitasnya dengan merk yang lebih terkenal, dikarenakan speknya sama. Dan harganya bisa setengahnya.

Beberapa spesifikasi teknis yang bisa Anda jadikan pengetahuan sebelum membeli tablet atau smartphone adalah:

RAM 
Random Access Memory (RAM) adalah hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat mau  mencari handphone canggih saat ini. RAM ini menentukan cepat atau tidaknya smartphone. Sederhananya,  kalau RAM-nya besar, kinerjanya semakin bagus dan cepat. Salah satu cirinya: tidak patah-patah (lag) saat pindah-pindah aplikasi, atau buka website lebih cepat dan lancar. Selain itu dengan RAM yang besar, Anda bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus dengan nyaman tanpa smartphone menjadi lemot.

Untuk RAM, yang disarankan untuk saat ini adalah minimal sebesar 1 GB. Idealnya adalah 2 GB. Rata-rata ponsel cerdas harga 1-2 jutaan sekarang ini banyak yang sudah menawarkan RAM 1 GB. Sedangkan untuk RAM 512 MB, saat ini sudah kurang memadai bila Anda hendak menggunakan hp Anda secara intensif untuk browsing, fesbukan, whatsapp, bbm, dll sekaligus. Ini dikarenakan aplikasi-aplikasi tersebut saat ini sudah memerlukan memory yang besar untuk berjalan baik, tidak seperti 2-3 tahun lalu dimana aplikasi-aplikasi tersebut masih lebih sederhana/ringan.

BACA JUGA: Bila Telkom Speedy DNS Server Error Not Responding

Batere
Batere sangat mempengaruhi kenyamanan.  Batere yang cepat habis akan menambah pikiran saat sedang fokus pada suatu kerjaan di smartphone Anda. Semakin besar layar tablet atau hape smartphone, semakin banyak daya yang diperlukan untuk terus menyala. Dan semakin banyak aplikasi yang dijalankan, semakin besar pula energi untuknya. 

Untuk itu, sebelum membeli smartphone, tengok dulu kapasitas baterainya. Rekomendasi yang disarankan, bila besar layar smartphone Anda kurang dari 5 inci, carilah yang berkapasitas minimal 2000 mAh. Sedang bila di atas 5 inci, pilih yang diatas 3000 mAH.

Handphone dengan kapasitas batre 2500 mAH dan tablet dengan kapasitas baterai 3000 mAH, bila dipakai intensif untuk browsing dan aplikasi chat pengalaman saya bisa bertahan hingga 12 jam. 12 jam adalah waktu yang cukup dimana kita tidak memerlukan powerbank.

Anda bisa saja membeli powerbank untuk jaga-jaga. Namun membawa powerbank juga sebenarnya menambah beban barang yang harus Anda bawa kemana-mana setiap saat.

Kamera
Kamera bukan cuma hanya untuk selfie, namun banyak manfaat lain dari kamera yang tertanam dalam hp. Yang perlu diperhatikan dalam kamera adalah pastikan dia bisa auto focus, atau bisa menentukan titik mana yang ingin jelas dalam suatu foto. Karena ada smartphone yang berkamera, tapi tidak bisa fokus, sehingga contohnya saat hendak memfoto tulisan yang ada di KTP, hasilnya tulisannya tidak terbaca.

Untuk kamera sendiri, ada bermacam-macam kemampuan teknisnya. Ada yang bisa seperti warna aslinya yang tentunya harga HP nya jadi sangat mahal, namun ada juga yang standar-standar saja namun sudah cukup. 

Disarankan Anda membeli tablet atau smartphone dengan kemampuan minimal 5 MP (Mega Pixel). Dibawah itu, hasilnya akan kurang detil bila anda perbesar. Kini banyak smartphone berharga 1-2 jutaan sudah terpasang kamera 5 MP.

Touchsreen/Layar Sentuh
Anda mungkin berpikir layar sentuh itu sama saja antara satu henpon dengan henpon lainnya. Namun sebenarnya ada beberapa hal terkait layar sentuh:

- Pixel per Inch atau disingkat ppi. 
Ini adalah banyaknya pixel yang tersebar dalam 1 inci persegi (1 sq Inch). Semakin besar ppi nya, maka gambar akan lebih halus lekuk-lekuknya. Ppi yang disarankan adalah yang di atas 200 ppi, karena hasilnya gambar di layarnya jadi lebih bagus. 

-  Sensitivitas saat mengetik. 
Ternyata sensitivitas layar berbeda-beda. Cara mengetes sensitivitas layar bagus atau tidak adalah dites dengan mengetik dengan cepat. Salah satu kata yang bisa dites adalah "ayah". 
Silahkan lakukan pengetesan kata "ayah" berulang-ulang dengan cepat. Lihat apakah hasilnya "ayah ayah ayah ..." atau justru "ah ayh yah sah...", atau bahkan yang keluar huruf lain. Bila yang keluar bukan "ayah" (dengan asumsi Anda tidak salah tekan huruf), maka bisa dipastikan touchsreen Anda kurang bagus.

Namun bisa saja Anda mengabaikan ini, karena Anda tidak bakal sering mengetik. Namun bila Anda perlu punya tablet untuk jualan online yang butuh banyak menjawab pertanyaan calon pembeli, maka Anda harus memiliki layar sentuh yang bagus.

Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan (memory) ada dua: internal dan eksternal. Bila Hp yang Anda pilih hanya memiliki penyimpanan internal (tidak ada card slot untuk micro SD), pastikan minimal kapasitasnya 16 GB. Ini jumlah yang cukup, kecuali Anda perlu banyak menyimpan video atau games/permainan.

Tablet dan handphone di harga 1-2 jutaan, sudah ada beberapa yang memiliki kapasitas penyimpanan 16 GB. Bila smartphone yang Anda pilih ada card slot nya, tinggal beli micro SD 16 GB class 10, harganya hanya sekitar 140 ribuan.


Kira-kira itu tips dan spek utama yang menurut saya Anda perlu perhatikan saat hendak membeli handphone atau tablet di gerai ponsel. Sedangkan spek lain seperti:
- versi OS: tinggal pilih yang terbaru atau satu atau dua level di bawahnya. Misal sekarang sudah mulai Android Lolipop, kalau bisa beli yang Lolipop atau paling tidak Jelly Bean yang bisa di-upgrade ke Kitkat
-  Dual SIM card: opsional/terserah Anda. Keuntungan dual SIM card, kalau yang satu tidak ada sinyal, yang lain mungkin masih ada.
- Chipset: mau Mediatek, Snapdragon, atau yang lain, sebenarnya sama saja kalau hanya untuk kebutuhan browsing dan media sosial. Kecuali kalau untuk main game dan aplikasi berat. 
- CPU: Central Processing Unit. Ini juga sebenarnya mengikuti. Kalau RAM nya besar, biasanya CPU sudah di atas 1 GHz juga. Kalau masalah Dual Core atau Octa Core, tidak akan terasa bedanya kalau Anda pakai RAM 2 GB. Bahkan mungkin ada hape smartphone yang Single Core, kemampuannya bisa mengalahkan yang Dual Core kalau speknya RAM yang Dual Core lebih kecil.

- Bluetooth: sudah standar dan tidak terlalu diperlukan saat ini. Sekarang banyak aplikasi file transfer menggunakan wifi yang jauh lebih cepat.

- Network (Teknologi Jaringan): sepanjang sudah bisa HSPA dan GSM, saat ini sudah cukup. Kalau dapat tablet/hp smartphone yang sudah bisa LTE, anggap saja bonus. Karena jaringan ini sebenarnya ada pengaruh lain, seperti misalnya: siang hari lebih lambat internetnya karena banyak yang pakai, tidak ada sinyal, kuota dibatasi, dll.

- GPS: sudah standar juga. Yang penting berfungsi. Umumnya kecepatan menangkap sinyal GPS 5-10 menit kalau di atas kita tidak terhalang apapun.

Selamat berburu. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment