Feb 4, 2010

CACAR AIR PADA IBU MENYUSUI

Sekedar informasi saja untuk menguatkan informasi yang sudah ada di website-website lain, terutama bagi ibu menyusui.

Seringkali muncul keraguan bila ibu menyusui terkena cacar air, bagaimana perlakuan terhadap bayi? apakah masih boleh disusui?

Setelah saya berkonsultasi langsung dengan dokter (saya menemui dokter spesialis penyakit dalam), beliau menegaskan kalau virus cacar tidak akan tertular ke dalam ASI, sehingga ASI aman untuk terus dikonsumsi oleh bayi. Jadi tertularnya bayi bukan karena ASI nya tapi karena sang bayi menyusui langsung dari payudara ibu dimana terjadi peristiwa tersentuhnya kulit ibu dengan kulit bayi. Nah jadi disitu masalahnya.


Kulit yang terkena cacar tersebut banyak sekali mengandung virus, dan apabila kulit yang bervirus itu (terutama bagian yang berair dan pecah) terkena bayi maka bayi sudah terkontaminasi oleh virus terebut. Tinggal anti bodi sang bayilah yang menentukan apakah dia akan terkena atau tidak.

Yang menjadi dilema adalah apakah bayi harus berhenti menyusui sementara? Ibu-ibu akan berpikir kalau bayinya sudah berumur hampir 24 bulan sih tidak masalah untuk dihentikan, tapi kalau masih dibawah 1 tahun misalnya, bagaimana ini..ada ketakutan bayi kalau dihentikan sementara nanti ditakutkan bayi tidak mau lagi menyusui atau ASI menjadi kering.

Dokter yang saya temui memberikan tiga pilihan:
1. Tetap menyusui langsung dari payudara ibu, sehingga ASI tidak akan kering dan bayi tetap mau menyusui langsung dari ibunya. Kalau ini yang dipilih berarti akan membiarkan bayi terkontaminasi cacar dan berharap antibodi bayi mampu melawannya. Dokter tersebut menyatakan walaupun ada yang bilang tidak apa-apa bila bayi terkena cacar karena masih kecil, namun beliau tidak setuju karena prinsipnya tetap memberikan penyakit kepada bayi.

Bila pilihan ini yang dipilih, maka antisipasi untuk memperkecil kemungkinan tertular adalah dengan memberikan alkohol terlebih dahulu ke badan sang ibu, supaya bersih.

2. Disusui terpisah. Caranya dengan memeras ASI dan dimasukkan ke dalam botol, jadi sang bayi tidak menyentuh badan ibu.

3. Berhenti menyusui sama sekali, menurut beliau ini pilihan yang paling berat.

Setelah tahu semua pilihannya, kini semuanya dikembalikan sang ibu.






Cerita sedikit pengalaman keluarga saya, saya mengambil pilihan yang kedua. Dokter bilang kalau masa-masa kritis cacar itu 5 hari setelah keluarnya cacar berair yang pertama di kulit. Masa itu adalah masa yang paling ganas. Setelah itu akan menurun dan melemah tingkat penularannya. Dari info itu, saya menetapkan bahwa anak saya disusui terpisah dari sang ibu 5 hari saja. Namun pada perjalanannya pada hari ke 4 ASI istri saya sudah sedikit keluarnya. Kami berfikir itu mungkin karena tidak disedot oleh anak kami. Akhirnya pada hari ke 4, diputuskan untuk kembali menyusui anak kami langsung dari ibunya. Saat tulisan ini diterbitkan, sudah memasuki hari ke 7 istri saya terkena cacar, anak saya tidak ada tanda-tanda tertular. Mudah-mudahan memang dia tidak tertular.

Untuk tambahan, cacar sudah tidak menular setelah sekitar 2 sampai 3 minggu sejak pertama kali terkena. O ya, dalam bahasa inggris kita biasa menyebutnya dengan nama Small pox dan Chicken pox. Sebenarmya dua itu adalah dua penyakit yang berbeda. Perbedaannya ditandai kalau bintik cacar sampai mengenai telapak tangan atau kaki, maka itu adalah Small pox. Small pox lebih kuat daripada Chicken pox.

Demikian informasinya, mudah-mudah berguna. Mohon dikoreksi juga bila ada yang tidak benar. Selamat menyusui.

(fay/fay)

BACA JUGA:

21 comments:

  1. Terima kasih atas informasinya, karena istri saya juga sedang mengalami sakit cacar air sedangkan bayi saya baru berumur 2 bl, tulisan anda sangat membantu bagi saya untuk terus memberikan air ASI pada bayi saya, karna sebelumnya saya mengira penyakit cacar istri saya dapat menular melalui ASI. terima kasih

    Arif

    ReplyDelete
  2. sama-sama..senang tulisan ini bisa berguna. Oh ya sebagai informasi, anak saya pada saat itu tidak tertular cacar :)

    ReplyDelete
  3. Anaknya umur brp wkt itu? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak saya saat itu sekitar umur 1 tahun.

      Delete
    2. Gimana dengan saya dengan masa penyembuhan ini cacar saya sudah mulai kering apakah saya bisa bersentuhan dengan anak saya umur 2 bulan?

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    4. Waktu itu istri saya di hari ke empat sdh kembali menyusui, namun ttp tdk bersentuhan kulit dgn bayi. Istri saya menggunting salah satu bajunya lengan panjangnya tepat di sekitar puting. Kemudian dia juga memakai sarung tangan. Jadi bayi tdk bersentuhan dgn ibu kecuali di puting saja.

      Namun semua dikembalikan kpd ibu krn ibu yg paling tau kondisinya. Kl mmg blm yakin sembuh benar mgkn bisa dicoba sebaiknya menghindari bersentuhan kulit langsung.

      Delete
  4. Saat memutuskan kmbali menyusui, bgmn kondisi cacar istri anda?apakah sdh mengering?kemudian ketika kmbali menyusui, apakah produksi asinya kembali seperti semula?terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisi sakit istri saat itu masih hari ke 4, yang tentunya belum mengering. Hari ke 4-5 adalah masa paling ganas.

      Untuk ASI, produksinya tetap lancar seperti semula. Sebelumnya memang ASI istri saya memang cukup banyak dan pada saat sakit itu tetap memeras ASI (tidak terputus).

      Delete
  5. Informasinya sangat membantu sekali,sy saat ini kondisiny jg sdg terkena cacar, ank sy 7 bln.sempat bbrp kali membuang perahan susu karena ragu dan takut bayi terkontaminasi.tapi bismillah sy akan coba lagi krn sy yakin asi tetap antibodi terbaik utk bayi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lekas sembuh, dan anak ibu tetap sehat.

      Delete
  6. Terimakasih, istri sy skrg jga sperti itu
    . ini sngat bermafaat, tpi bayi kami tidak mau susu peras, maunya langsung.. Gmna ini yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua dikembalikan kepada pak Agus karena yang paling tau kondisinya adlh bapak sendiri. Tapi sy pernah diberitahu oleh seseorang kalau bayi tdk akan membiarkan dirinya sendiri lapar. Ujung2nya dia akan makan juga.

      Silahkan ditentukan sendiri oleh bapak apakah akan tega sedikit dgn membiarkan si anak dlm kondisi lapar shg nanti dgn sendirinya dia akan mau minum susu peras. Atau pilihan lainnya memberikan susu formula atau langsung menyusui dari ibunya dgn resiko tertular.

      Faktor penting yg perlu dilihat juga adalah apakah si bayi dlm kondisi prima.

      Semoga lekas sembuh sang ibu dan anak bs kembali menyusui.

      Delete
  7. Saya terkena cacar air dan sedang menyusui bayi 1,5bulan..Mau tanya obat apa yg diberikan dokter ke ibu si bayi?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca ini :
      http://faybudi.blogspot.com/2011/11/cacar-air-pada-ibu-menyusui-tambahan.html

      Delete
  8. Mau tanya neh saya terkena cacar air kurang lebih udah 2 minggu baru mulai kering cacarnya dan anak saya baru berumur 11bulan,saya memutuskan untuk tidak memberi asi karena saya makan obat dokter untuk penyembuhan cacar air.. Tolong infonya donk saya ke pengen memberi asi lagi apa udah aman diberikan buat anak saya.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya tidak berwenang ngasih info ini karena sy bukan dokter. Silahkan konsultasikan ke dokter saja ya.

      Delete
  9. Mau tanya nih, kalau cacar airnya muncul d puting apakah bisa tetap disusui?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau spot cacarnya tepat di puting, berarti semua penyakitnya yang tepat diputing akan tersedot oleh bayi. Apakah kedua putingnya terdapat cacar? Kalau yang satunya tidak ada cacar, bisa lewat puting yang satunya.

      Kalau saya, tidak akan memberikan penyakit kepada bayi, saya akan tunda bayi menyusui langsung dari ibunya hingga cacar di putingnya sembuh.

      Ini ada artikel lanjutan saya mengenai cara/trik menyusui: http://faybudi.blogspot.co.id/2016/09/ibu-menyusui-kena-cacar-tambahan-2.html

      Silahkan di baca dulu.

      Delete
  10. Mau tanya juga nih klo cacar airnya muncul di puting kanan kiri apakah boleh hasil asi pompa diberikan ke bayi? N tau nya klo cacar udah bener sembuh gmana ? Jadi dah bisa pegang bayi gtu. Mungkin tau gitu. Makasi yah buat bantuannya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang telah di tulis di atas, istri saya memberikan ASI yang terpisah (diperas dulu). Yang perlu diingat adalah: walaubagaimanapun resiko tetap ada. Silahkan Anda yang menentukan sendiri karena Anda yang paling tau kondisinya.

      Ada tulisan sambungan dari artikel ini, silahkan baca lagi :

      http://faybudi.blogspot.co.id/2011/11/cacar-air-pada-ibu-menyusui-tambahan.html

      dan

      http://faybudi.blogspot.co.id/2016/09/ibu-menyusui-kena-cacar-tambahan-2.html

      Selanjutnya, untuk mengetahui sudah sembuh atau belum, apabila ragu silahkan dikonsultasikan kembali ke dokter. Namun seperti yang sudah ditulis di atas, cacar akan berhenti menular setelah 2-3 minggu tertular pertama kali. Kalau saya pribadi yang pernah kena cacar, setelah 3 minggu sakit, sepanjang setelah kena cacar badan saya sudah enak dan bisa beraktifitas seperti biasa, saya menganggap diri saya sudah sembuh.

      Delete